Minggu, 22 November 2020

Cara Membuat Pivot Table di Microsoft Excel (Versi Excel 2013 keatas)

Pivot Table adalah Fitur Table Aplikasi Microsoft Excel yang menampilkan ringkasan data dari data dengan jumlah yang besar dalam rangka memudahkan penemuan kesimpulan dan pengambilan keputusan selanjutnya.

Untuk mudahnya, dalam Membuat Pivot Table di Aplikasi Microsoft Excel perlu diperhatikan 4 hal utama:
1. Data apa yang kita akan jadikan Baris (ROWS)
2. Data apa yang kita akan jadikan Kolom (COLUMN)
3. Data apa yang kita isikan sebagai data summary nilai ( VALUE)
4. Data apa yang kita akan jadikan Filter (FILTER)

Setelah hal tersebut kita dapatkan, maka membuat summary table, dalam tahapan membuat Pivot Table di Aplikasi Microsoft Excel akan menjadi lebih mudah dan cepat.

Video berikut ini menjelasakan Cara Membuat Pivot Table di Microsoft Excel (Versi Excel 2013 keatas) dengan menentukan terlebih dahulu data yang menjadi Baris (Row), Kolom (Column), Value, dan Filter.



Sample Data Silakan Save di Google Drive rekan-rekan2 (lalu lanjut untuk Trial) : https://drive.google.com/file/d/1tjPP1A7-eWW8oaJ1cB9SPVqAhIhWk7lp/view?usp=sharing
Related Post:

2 komentar:

kursus bahasa inggris bisnis mengatakan...

terima kasih tutorial pivotnya, om.
untuk pivot di google sheet gimana ya om? karna di tempat kursus bahasa inggris saya sekarang sudah menggunakan google sheet.

Picastana mengatakan...

Terimakasih kembali sahabat
Dari Kursus Bahasa Inggris Bisnis. Untuk cara pivot di Google Spreadsheet dapat disimak di link berikut:
https://picaswrite.blogspot.com/2020/11/cara-membuat-pivot-table-di-google.html?m=1