Kamis, 12 November 2009

Level atau Peranan / Role Pengguna Wordpress (Administrator, Editor, Author, Contributor dan Subscriber)

Sebuah Blog dengan penulis tunggal kemungkinan memiliki produktivitas posting yang sedikit atau kecil. Kadang-kadang sekumpulan orang bekerjasama untuk mengelola suatu blog. Salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan produktivitas Blog ataupun Website.

Salah satu Engine CMS yang memiliki kehandalan dalam pemberian peranan kepada Penggunanya adalah Wordpress. Wordpress memiliki beberapa peran user yang tentunya dapat dimanfaatkan untuk produktivitas Blog atau Website.

Ada beberapa Role / Peranan yang dimiliki pengguna Wordpress diantaranya Administrator, Editor, Author, Contributor dan Subscriber.
  1. Administrator : Level atau Peranan / Role layaknya Penguasa segala hal dalam engine wordpress.
  2. Editor : Level atau Peranan Penyempurna, artinya mampu menilai layaknya suatu tulisan dimuat entah Page atau Post me-moderate comments, memanage categories, memanage tags, memanage links dan mengupload files/images. Sehingga menguasai hal terkait konten, tetapi tidak tampilan / appearance.
  3. Author : Level atau Peranan Penulis, artinya mampu menulis suatu tulisan hanya Post dan mengupload files/images terkait post itu. Author menguasai hal terkait konten dinamis sering berganti.
  4. Contributor : Level atau Peranan Pemberi, artinya mampu menulis suatu tulisan, tetapi kemudian melepaskannya untuk diolah dan dipublish Administrator, Editor, atau Author.
  5. Subscriber, Kadang untuk berkomentar atau melakukan aktifitas lain kita harus terdaftar di engine wordpress. Subscriber ini tidak dapat melakukan aktifitas metubah konten blog.
Berhati Hatilah memberi Level atau Peranan / Role pada Pengguna Wordpress, karena tentunya sangat berbahaya jika disalahgunakan.

Saran : Sebaiknya hanya ada satu administrator dalam satu engine wordpress, dan perlu kehati-hatian memberikan wewenang terhadap orang yang berperan sebagai administrator atau Editor.
Related Post:

4 komentar:

Novita mengatakan...

sesama Pr3, yuk tukaran link yuk mas... :)

Picas mengatakan...

We have Been Ex-Link Already..
named Celebrity in My Friends Link

Novita mengatakan...

Linknya sudah saya pasang ya mas, terima kasih ya atas jalinannya..

Picas mengatakan...

Yup Terima kasih Kembali..