Jumat, 21 Agustus 2009

Membuat Struktur Organisasi Dinamis / Online dengan PHP MySQL (Gambaran umum)

Kita start dari contoh hasil yang diharapkan sebagai berikut misalnya: 
Berikut ini hanya gambaran langkah untuk Membuat Struktur Organisasi dengan PHP MySQL (harap maklum tanpa file coding).

1. P
ertama-tama yang diperlukan adalah tabel jabatan dan tabel staff  di database MySQL

 CREATE TABLE `m_jabatan` ( `idjabatan` tinyint(2) unsigned NOT NULL auto_increment, `namajabatan` varchar(25) default NULL, PRIMARY KEY (`idjabatan`) ) ENGINE=MyISAM AUTO_INCREMENT=20 DEFAULT CHARSET=latin1

 CREATE TABLE `tb_staff` ( `id` tinyint(4) NOT NULL auto_increment, `nama` varchar(40) default NULL, `jabatan` tinyint(2) default NULL, `direktori` varchar(40) default NULL, `foto` varchar(30) default NULL, `flag` tinyint(1) default NULL, PRIMARY KEY (`id`) ) ENGINE=MyISAM AUTO_INCREMENT=52 DEFAULT CHARSET=latin1

2. Selanjutnya pastikan kita menginputkan data di database tersebut, dan menyediakan file foto untuk setiap pejabat di dalam suatu folder di web server. 

3. Untuk menampilkannya diperlukan pembuatan tabel html statis terlebih dahulu dalam file PHP, termasuk penyediaan dan pemanggilan background tabel berupa image background garis koordinasi*) , kemudian lakukan query untuk Ketua, Wakil, Hakim dan pejabat-pejabat lain dengan  MySQL database query dalam file PHP tersebut.


contoh gambaran querynya:

  1. Untuk Ketua : Select nama,jabatan, directori from tb_staff  where idjabatan=(idjabatan_milik ketua di tabel m_jabatan)
  2. Untuk Wakil Ketua: Select nama,jabatan, directori from tb_staff  where idjabatan=(idjabatan_milik wakil di tabel m_jabatan)
  3. Untuk Hakim: Select nama,jabatan, directori from tb_staff  where idjabatan=(idjabatan_milik hakim di tabel m_jabatan). Untuk hakim ini akan muncul beberapa orang, karena pejabatnya ada banyak



Nb: 

  1. Mohon maaf postingan ini memberikan gambaran umum tanpa disertai coding  HTML dan PHPnya karena file codingannya telah hilang. 
  2. Perlu diperhatikan perubahan terhadap struktur organisasi menyebabkan diperlukannya perubahan hardcoding.
  3. *) untuk menampilkan struktur hubungan antar pejabat atau garis koordinasinya (garis lurus, putus-putus, dan garis berbelok), bisa menggunakan background cell, yang tutorialnya ada di sini. pastikan gambar garis tersebut juga secara manual disediakan melalui software pengolahan gambar, semisal paint atau photoshop (untuk menyediakan file .png yang transparant).
Related Post:

Tidak ada komentar: