Beda TOEFL dan IELTS

TOEFL (Test of English As a Foreign English) adalah tes kemampuan yang mengevaluasi potensi kesuksesan seseorang untuk mengerti American English.

Sementara itu, IELTS (International English Language System) adalah tes yang mengukur kemampuan berkomunikasi yang meliputi listening, reading, writing dan speaking. Tes ini ditujukan bagi mereka yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahan komunikasi. IELTS ini sifatnya tidak hanya untuk akademik. Ada 2 macam tes IELTS, yaitu IELTS for Academic dan IELTS for General Trainning.

Biasanya TOEFL lebih diinginkan di universitas-universitas di Amerika Serikat, terkadang di beberapa negara lain termasuk universitas-universitas di Indonesia. IELTS lebih diinginkan oleh universitas di Inggris, Australia dan Eropa.

Pemahaman TOEFL dapat diwujudkan dalam bentuk skor nilai dan untuk IELTS disebut bandwidth. Ada pendapat bahwa skor TOEFL (iBT TOEFL & Instusional ) dan IELTS tidak dapat disandingkan, namun ada suatu kajian dari pusat pengajaran Bahasa Inggris Universitas Sheffield yang mencoba menyandingkan kedua hasil test tersebut. Contohnya :

skor 500 ITP (Institusional TOEFL Test) = 173 pada iBT dan bandwidth 5.0 pada IELTS.


BAND KATEGORI PENJELASAN
band 9 Expert User Telah sepenuhnya menguasai dan memiliki kemampuan dari sisi kepantasan (appropriate), keakuratan (accurate) dan kefasihan (fluent)
band 8 Very Good User Telah menguasai Bahasa Inggris secara baik dengan sedikit ketidakakuratan dan adanya pemilihan item-item tertentu yang kurang pantas dari sisi bahasa. Kesalahpahaman kadang terjadi pada situasi yang kurang familiar. Detail argumentasi yang kompleks dapat dikuasai dengan baik
band 7 Good User Telah memiliki kemampuan yang cukup baik, namun dalam situasi tertentu masih terdapat ketidakakuratan, kepantasan dan kesalahpahaman. Argumentasi yang kompleks dapat dikendalikan dengan baik dengan alasan yang tepat.
band 6 Competent user Secara umum telah memiliki kemampuan yang efektif, ketidakakuratan, ketidakpantasan dan kesalahpahaman sering terjadi. Argumentasi yang kompleks dapat dikendalikan dengan baik pada situasi yang familiar.
band 5 Modest User Dapat menguasai pada situasi tertentu. Banyak kesalahan sering terjadi. Dalam bidang tertentu yang dikuasai, hal itu dapat diatasi dengan cukup baik.
band 4 Limited User Memiliki kompetensi dasar pada situasi familiar. Sering bermasalah dalam memahami dan mengekspresikan sesuatu. Tidak menggunakan bahasa yang kompleks.
band 3 Extremly Limited User Hanya mengerti sesuatu yang general dalam situasi yang sangat familiar.
band 2 Intermittent User Hanya mengetahui informasi yang sangat mendasar dalam situasi yang sangat familiar. Mengalami kesulitan dalam pembicaraan dan penulisan Bahasa Inggris
band 1 Non User tidak memiliki kemampuan Bahasa Inggris
band 0 Did not attemp the test


sumber : Murniasih, Erny. 2008. Winning a Scolarship Kumpulan Tanya Jawab. Jakarta : Gagas Media

Komentar FB


Probably Related Article



0 comments:

Related Posts by Categories



Widget by